cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Tips melakukan mudik saat hamil

Tips mudik – Ramadhan sebentar lagi akan tiba dimana saat itu semua orang akan bergembira menyambut datangnya bulan yang penuh berkah . Salah satu aktivitas yang rutin dilakukan setiap orang di seluruh wilayah indonesia adalah melakukan perjalanan mudik, baik orang tua, anak – anak, remaja, wanita maupun pria. Semua menantikan momen ramadhan dan lebaran agar dapat bertemu dan berkumpul lagi bersama keluarga besarnya. Bagi seorang ibu hamil juga sangat menginginkan dapat bepergian ke kampung halamannya, namun beberapa hal yang perlu dilakukan dan dipertimbangkan adalah masalah keselamatan bayi dan ibunya. jangan sampai perjalanan mudik mengganggu segalanya. Seorang ibu hamil yang dapat melakukan mudik adalah mereka yang telah melewati masa mual – mual atau usia kandungannya yang di bawah 30 minggu. Apabila tidak termasuk kategori tersebut maka sebaiknya anda tidak melakukan perjalanan mudik demi keselamatan anda.
Nah apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan mudik bagi ibu hamil?


Tips mudik saat hamil
1. Kesehatan yang maksimal
Perjalanan mudik seseorang ke kampung halaman paling cepat membutuhkan waktu 5 jam, dan bahkan ada yang dapat sampai 1 hari untuk tiba di kampungnya. Nah yang perlu dipertimbangkan adalah masalah kesehatan sang ibu. Sebaiknya periksalah kondisi kesehatannya, lakukan istirahat maksimal agar tidak merasakan lelah. Selain itu, sebaiknya tidak melakukan mudik bila masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes karena dapat mengganggu perjalanan.
2. Pilih jenis perjalanan
Indonesia adalah negara yang luas sehingga dari suatu tempat ke tempat lainnya dapat ditempuh melalui rute udara, laut dan darat. Nah selama mudik pertimbangkan dalam memilih jenis mode transportasi tersebut. Kali ini kita akan membahas satu persatu kelebihan dan kekurangan dari mode transportasi yang sering kita gunakan.
a. Melalui udara
Mudik dengan jalur udara lebih aman dan lebih cepat bagi seoang ibu hamil sebab resiko guncangan lebih kecil daripada lewat darat ataupun laut. Anda tidak perlu khawatir terhadap radiasi sinar x karena itu aman bagi anda dan bayi. Selain itu sebaiknya anda memilih posisi tempat duduk yang dekat dengan toilet karena seorang ibu hamil akan lebih sering buang air kecil selama masa kehamilannya.
b. Menggunakan transportasi darat
Transportasi darat seperti bis, kereta, ataupun mobil pribadi adlah pilihan murah meriah dalam melakukan mudik. nah banyak hal yang dapat mengganggu perjalanan mudik bagi seorang ibu hamil mulai dari macet, jalanan yang kurang baik karena banyak lubang – lubang. Nah untuk mengatasi hal ini gunakanlah mode perjalanan darat yang terhindar dari macet seperti malam hari, serta gunakanlah bis sebab guncangan di dalam bis lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi atau mobil kecil. Selain itu selalu sediakan obat – obatan kecil.
c. Menggunakan transportasi laut
Di lau memiliki hambatan dan rintangan tersendiri dalam mudik. hal yang paling sering dialami adalah guncangan karena ombak sehingga anda mudah mengalami mabuk dan mual selama perjalanan. Oleh karena itu sediakan selalu obat – obat anti mual dan sebisa mungkin anda menghindari perjalanan di musim ombak laut yang besar agar kapal laut tidak bergoyang dengan keras.
Itulah beberapa tips melakukan mudik selama masa kehamilan, liburan itu mengasyikkan tetapi menjaga kesehatan jauh lebih penting dari segalanya terutama ibu hamil . Selamat mencoba

Tips melakukan mudik saat hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas