cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

7 Cara mengobati hidung tersumbat secara alami

Cara mengobati hidung tersumbat – Hidung tersumbat merupakan gejala apabila kita terkena pilek. BIla di siang hari saat kita beraktivitas hidung berair karena lendir tetapi di malam harinya hidung menjadi tersumbat terutama saat sedang tidur. Hidung tersumbat sangat mengganggu aktivitas kita karena sulitnya bernafas. Sering kali orang yang terkena hidung tersumbat harus bernafas menggunakan mulutnya ketika tidur. Nah bagaimana cara mengobati dan menghilangkan hidung tersumbat?


Cara mengobati hidung tersumbat
1. Rutin mandi air hangat
Hidung tersumbat sering kali mengenai kita saat musim dingin. Nah solusi mengatasinya adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Air hangat memberikan efek dapat melegakan saluran pernafasan kita dan menghilangkan hidung tersumbat.
2. Tinggikan kepala saat tidur
Salah satu teknik tidur ketika hidung tersumbat adalah dengan meninggikan kepala anda. hal ini bertujuan agar lendir di area hidung dapat keluar dan tidak menghambat lubang hidung kita. Gunakanlah 2 sampai 3 susun bantal saat tidur.
3. Minum air jeruk
Kandungan vitamin di dalam buah jeruk sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Agar lebih nikmat minumlah air jeruk yang dicampur sedikit air hangat untuk membantu melegakan hidung anda.
4. Banyak minum air
Air sangat bermanfaat untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi akibat sakit pilek. Oleh karena itu janganlah kurang minum. Air minum hangat dapat mencegah penyumbatan pada area sinus dan membantu mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh anda.
5. Makan sesuatu yang pedas
Apa yang anda rasasakan ketika makan sup pedas atau sambal pedas? apakah hidung anda ikut berair? Hal ini cukup membantu anda untuk mengeluarkan lendir dari hidung sehingga sering – seringlah makan – makanan yang pedas jenis apa saja agar lendir dapat dikeluarkan dengan lebih cepat.
6. Hirup minyak kayu putih
Untuk menyegarkan hidung kita biasanya diberikan sesuatu yang beraroma mint. Nah minyak kayu putih juga memberikan efek yang sama dengan mint Sehingga dapat bermanfaat untuk menyegarkan nafas kita bila anda menghirupnya.
7. Kumur – kumur dengan air garam
Berkumur menggunakan air garam memanglah terasa sangat tidak nyaman. Tetapi hal ini cukup bermanfaat, Ambillah segelas air lalu campurkan sedikit air garam, Gunakan larutan ini untuk berkumur – kumur beberapa kali sehari agar lendir pada hidung dapat keluar dan membuka sumbat pada hidung.
Itulah 7 cara mengobati hidung tersumbat, jangan biarkan hidung tersumbat mengganggu aktivitas harian anda. Selamat mencoba

7 Cara mengobati hidung tersumbat secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas