cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

5 Cara memelihara ikan nila di kolam terpal

Cara memelihara ikan nila – Ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang bermanfaat bagi manusia, selain itu cita rasanya juga sangat nikmat sehingga sering dijadikan komoditi yang baik untuk di budidayakan. Ikan nila adalah jenis hewan yang hidup di air tawar, biasanya di sungai atau di kolam. Namun ternyata ikan nila dapat di kembangkan di kolam tarpal yang lebih mudah dalam perawatannya.

Cara memelihara ikan nila di kolam tarpal


1. Sumber air
Ikan adalah makhluk yang hidupnya di air. Untuk masalah air harus dipertimbangkan mengenai sumber air anda harus tersedia kapan saja. Sumber air dapat berasal dari air sumur, air PDAM< ataupun air hujan yang ditampung.

2. Tinggi lokasi budidaya
Budidaya ikan nila harus di tempat yang memiliki ketinggian antara 0 – 500 m diatas permukaan laut. Hal ini disebabkan oleh pengaruh suhu demi kehidupan ikan nilai nantinya.

3. Kesesuaian tinggi kolam dengan ukuran ikan.
Ukuran ikan yang anda pelihara harus disesuikan dengan ketinggian air di dalam kolam tarpal anda. Untuk bibit ikan yang berukuran kecil cukup dengan ketinggian air 40 – 50 cm. Sedangkan ketinggian kolam tarpal anda harus minimal 20 cm dari ketinggian minimal air anda . Hal ini bertujuan untuk mencegah meluapnya air jika hujan tinggi.

4. Lokasi tempat tarpal
Lokasi di dasar tarpal buatan anda harus rata dan tidak terdapat batu tajam di sekitarnya karena dapt menyebabkan kerobekan dan membuat kolam anda menjadi bocor seketika.

5. Tambahkan aerator
pada daerah ketinggian tertentu air di dalam kolam akan kekurangan kandungan oksigennya sehingga dibutuhkan aerator untuk meningkatkan oksigen di dalam kolam anda.
Itulah 5 cara memelihara ikan nila di kolam tarpal. pertumbuhan ikan nila sangat cepat sehingga menarik untuk di budidayakan.Selamat mencoba

5 Cara memelihara ikan nila di kolam terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

4 comments:

  1. saya baru saja membuat kolam terpal trus dikasih air PAM, trus dikasih bibit ikan , kok ikannya banyak yang mati ya?
    itu kira kira penyebabnya karena apa ya Bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya di kasih tawas dulu biar bhan kimianya hilang

      Delete
  2. gan kalau tempat yang kecil berpengarunh tidak gan akan perkembangbiakan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berpengaruhu,, sebaiknya cari tempat yang ikannya bisa bebas bergerak

      Delete

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas