cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

6 Cara mengetahui air yang sehat dan aman dikonsumsi

Cara mengetahui air yang sehat – Air yang sehat adalah air yang dapat diminum dan digunakan untuk kehidupan sehari – hari. Air kotor sangat berbahaya bagi tubuh makhluk hidup terutama manusia yang paling banyak membutuhkan air. Nah bagaimana cara mengetahui air yang sehat? apakah air dirumah anda sudah tergolong sehat dan aman dikonsumsi?

Cara mengetahui air yang sehat

1. Air tersebut jernih
Semakin tinggi tingkat kejernihan air anda maka semakin aman pula air tersebut untuk anda konsumsi. Air yang tidak jernih biasanya mengandung butir – butir pasir atau tanah yang sangat berbahaya bila masuk ke dalam tubuh anda.

2. Air tidak berwarna
Mungkin sering kali kita menemukan air sumur bor yang berwarna kuning . Nah air tersebut tidaklah sehat sebab air yang paling bersih adalah air yang sangat bening, perubahan warna yang terjadi pada air disebabkan oleh adanya zat lain yang telah tercampur kedalam sumber air anda sehingga dibutuhkan pembersihan agar dapat digunakan.

3. Rasanya tawar
Rasa air di daerah pegunungan dan daerah pinggir pantai akan sangat berbeda. Ada air yang biasanya berasa asin, pahit atau asam. Air asin menandakan banyaknya kandungan garam di dalamnya sehingga tidak menyehatkan, sedangkan air yang asam berabrti mengandung asam organik ataupun asam anorganik didalamnya.

4. Derajat keasaman 7
Air yang normal bila diukur tingkat pH maka haru mendekati angka 7. Semakin jauh dari angka 7 apakah itu dibawah atau diatasnya maka air tersebut tidak sehat bagi kesehatan manusia.

5. Tidak mengandung bakteri berbahaya.
Untuk mengetahui kondisi bakteri di dalam air perlu dilakukan uji laboratorium terlebih dahulu. Beberapa jenis bakteri berbahaya yang biasa hidup di dalam air adalah Escheria coli, bakteri ini biasa terdapat di dalam kotoran manusia.

6. Tidak mengandung zat kimia beracun
Air sumur yang sering mengandung zat kimia beracun adalah air yang berasal dari sekitar pabrik industri tertentu.
Itulah 6 cara mengetahui air yang sehat dan aman dikonsumsi. Selamat mencoba

6 Cara mengetahui air yang sehat dan aman dikonsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas