cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Tips – tips memasak ketupat agar rasanya lebih nikmat

Tips seputar ketupat -  Ketupat merupakan sajian khusus yang hanya ada pada saat hari raya lebaran idul fitri atau idul adha. Terdapat kenikmatan tersendiri apabila mengonsumsi ketupat di saat lebaran bersama keluarga dan orang – orang terdekat. Namun kenikmatan makan konsumsi bila ketupat buatan kita ternyata kurang gurih, terlalu keras pada beberapa bagiannya, kurang harum, dan cepat basi.
Pada artikel tentang ketupat kali ini kami akan berikan beberapa cara mengatasi masalah ketupat yang disebutkan tadi.


Tips seputar ketupat

1. Agar ketupat pas tidak lembek dan tidak keras
Ketupat yang strukturnya pas adalah ketupat yang tidak terlalu keras dan tidak pula terlalu lembek. Untuk masalah ini maka anda harus menimbang takaran yang pas berikut ini cara membuatnya.
- Cucilah beras sekitar 30 menit lamanya, setelah itu baru anda tiriskan hingga airnya habis.
- Bila anda menggunakan beras yang lebih pera maka perbandingan isi beras yang telah ditiriskan dengan ketupat adalah 1/3 dari ruangan di dalam ketupat.
- Sedangkan bila anda menggunakan beras pulen maka perbandingan beras yang telah ditiris adalah 1/2 dari ruangan ketupat.
2. Cara memasak ketupat agar masak sempurna
Supaya seluruh bagian ketupat masak sempurna maka lakukanlah proses memasak seperti berikut ini.
- Masukkan ketupat di dalam panci hingga airnya menutup seluruh bagian ketupat yang dimasak.
- Masaklah ketupat sekitar 4-5 jam hingga masak secara sempurna. Bila ternyata airnya habis sebelum matang maka segeralah tambahkan air mendidih dan jangan gunakan air dingin. Tanda – tanda ketupat yang telah masak ialah tidak terdapat lagi butiran – butiran beras yang muncul.
- Tambahkan sedikit garam untuk mendapatkan rasa ketupat yang lebih gurih.
3. Cara menyimpan ketupat yang benar
Agar rasa ketupat tidak mudah berubah karena basi maka sebaiknya anda memperhatikan proses penyimpanan ketupat yaitu dengan cara diangin – anginkan terlebih dahulu sebelum disimpan agar airnya tidak menempel dan menyebabkan ketupat mudah basi.
Ketupat yang telah dingin sebaiknya segera masukkan ke dalam kulkas sebelum dikonsumsi kukuslah dahulu di kompor agar ketupat menjadi enak kembali dan tidak keras karena dingin.
Itulah kumpulan tips seputar ketupat. Semoga artikel ini membantu ibu – ibu yang sedang merencanakan membuat ketupat. Selamat mencoba 
Artikel terkait
Cara membuat ketupat dari pita

Tips – tips memasak ketupat agar rasanya lebih nikmat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas