cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Cara menghilangkan demam pada anak

Cara menghilangkan demam anak -  Demam atau naiknya suhu tubuh pada anak adalah hal yang sering terjadi pada balita atau masih anak – anak. Banyak faktor yang menyebabkan seorang anak terkena demam seperti disebabkan oleh virus ataupun bakteri dan kekebalan tubuh anak yang masih sedikit sekali.
Selain itu, setelah imunisasi juga dapat menyebabkan seorang anak terkena demam disebabkan karena virus yang telah dijinakkan dimasukkan ke dalam tubuh bayi sedang bekerja membentuk kekebalan tubuh.  Normalnya seorang anak balita terkena demam paling sedikit 1 kali dalam sebulan, dan itu baik sehingga saat besar nanti ia tidak akan mudah terserang penyakit karena tubuhnya telah membentuk kekebalan tubuh.

Banyak sekali orang tua yang merasa khawatir terhadap anaknya yang terkena demam sehingga berusaha melakukan berbagai upaya untuk menurunkan demam pada anaknya. Namun dari hasil penelitian sebaiknya orang tua melakukan cara agar bayinya merasa aman dibandingkan memberikan obat penurun panas sebab hal itu hanya akan memperparah demamnya kelak.

Cara menghilangkan demam pada anak

Demam merupakan cara alamiah tubuh untuk melakukan perlawanan terhadap serangan dari bakteri karena bakteri tidak mudah tumbuh dan berkembangbiak pada suhu yang tinggi.
Beberapa obat penurun demam ternyata tidak terbukti dapat menurunkan kejang demam sehingga harus diberikan tindakan lain yang lebih baik untuk mengatasi demam pada anak anda. Hilangkan kecemasan terhadap demam pada anak anda. Kecuali bila demamnya sangat tinggi melebihi batas demam seharusnya.
Biarkan anak anda beristirahat penuh agar tubuhnya konsentrasi mengusir bakteri ataupun kuman dari dalam tubuh. Bila anda diberikan obat oleh dokter maka patuhilah petunjung penggunaannya. Sering kali anak anda terkena penyakit demam sekaligus batuk dan flu, untuk masalah ini hindari pemberian obat flu dan batuk yang mengandung antipyretik secara bersamaan karena dapat menyebabkan anak terkena overdosis.
Berikan ASI yang cukup kepada balita anda karena ASI terbukti dapat memberikan kekebalan tubuh alami pada bayi. Dan bila dibandingkan dengan minuman lain maka asi masih lebih baik dan lebih banyak manfaatnya.
Banyak – banyak memberikan air putih kepada bayi agar ia juga tidak mengalami dehidrasi karena suhu yang tinggi dari tubuhnya. Selain itu Air putih juga dapat menjadi penawar zat kimia dari obat yang diberikan.
Beberapa ibu tidak lagi memberikan obat dari dokter kepada bayinya yang telah berusia lebih 1 tahun melainkan menggunakan obat alami yaitu dari bahan parutan kuniy yang telah dicampurkan dengan madu dan sedikit sirup kurma. Ramuan ini rutin diminumkan kepada anak dan hasilnya cukup memuaskan karena demam pada bayi menurun.
Bila demam anak anda melewati angka 38,5 derajat celcius maka rutinlah berkonsultasi kepada dokter. Berikanlah obat penurun panas kepada anak yang rewel untuk menenangkannya dan tidak perlu memberikan obat bila anak anda yang terkena demam tidak rewel.
Itulah cara menghilangkan demam pada anak Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda
Artikel terkait
Cara menghilangkan demam dengan cepat

Cara menghilangkan demam pada anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas