cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Cara menghilangkan dan mengurangi Bau Mulut saat puasa

Cara menghilangkan Bau Mulut – Berpuasa selama bulan ramadhan terkadang membuat mulut kita menjadi berbau, hal ini terkadang membuat orang merasa kurang PD untuk berkomunasi dengan orang lain. Sementara terkadang ada beberapa tempat kerja dan sekolah tetap melaksanakan aktivitas seperti biasanya sehingga mau tidak mau kita mesti berkomunikasi dengan banyak orang. Sementara menggunakan obat kumur dan sejenisnya dapat membatalkan puasa kita. Kali ini saya ingin berbagi beberapa tips dan cara menghilangkan bau mulut terutama saat berpuasa.

Cara menghilangkan Bau Mulut

1. Kurangi makanan beraroma tajam.
Bau mulut biasanya disebabkan oleh makanan yang di konsumsi, beberapa makanan dapat memicu munculnya bau mulut selama menjalankan puasa ramadhan. Makanan seperti ikan dan bawang merah dapat membuat mulut mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Sebisa mungkun mengurangi konsumsi makanan tersebut, sebaiknya selama puasa ramadhan dan sahur dengan memperbanyak konsumsi sayuran-sayuran dengan nilai gizi yang lebih tinggi. Sebaiknya makanan yang beraroma tajam hanya dikonsumsi saat makan malam tiba.

2. Konsumsi susu saat sahur
Minum susu saat sahur biasa saya lakukan dan ini juga telah saya buktikan dapat membuat aroma nafas menjadi lebih harum. Sebab penyebab bau mulut paling besar berasal dari tenggorokan. Ketika makan sebagian besar aroma makanan akan meninggalkan bekas di tenggorokan anda sehingga menjadi penyebab bau mulut. Susu menurut saya sangat baik untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa, salah satu contoh cobalah perhatikan anak balita yang masih menyusui, walaupun mereka telah makan nasi tetapi bayi tetap memiliki aroma nafas yang segar dan tidak berbau.

3.Rajin membersihkan Mulut.
Makanan yang tertinggal lama di mulut dan gigi juga berperan penting dalam membuat aroma nafas menjadi  berbau tidak sedap, rajinlah menggosok gigi dengan bersih setelah sahur sebab ada beberapa pendapatkan yang mengatakan kalau sikat gigi itu membuat puas jadi makruh. begitupun setelah buka puasa dan sebelum tidur sebaiknya menyikat gigi tersebuh dahulu. Selain menghilangkan sisa-sisa makanan penyebab bau mulut juga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang.
Gigi berlubang juga dapat menjadi pemicu timbulnya bau mulut kurang sedap. Jika anda memiliki gigi yang berlubang maka usahakanlah untuk mencabut gigi tersebut sebab sangat sulit membersihkan kuman dan kotoran yang masuk di dalam gigi yang berlubang.

4. Berwudhu
Saat berpuasa air liur berhenti sehingga membuat rongga mulut menjadi kering, sementara ketika berwudhu maka kita harus berkumur sehingga menyebabkan mulut menjadi bersih dan lembab.

Beberapa Penyebab Bau Mulut
1. Pengaruh dari luar
Pengaruh dari luar penyebab bau mulut adalah karena kita sering mengkonsumsi makanan yang berbau tajam, daftar bahan makanan sehari-sehari yang dapat menjadi penyebab bau mulut adalah bawang, ikan, daging, pete dan segala makanan yang beraroma sangat menusuk hidung.
2. Pengaruh dari Dalam
Beberapa penyebab bau mulut dari dalam diri anda adalah karena kurangnya melakukan pembersihan secara berkala gigi dan mulut anda, jika dalam waktu yang lama makanan tertinggal di dalam gigi anda maka lama kelamaan akan berubah menjadi karang gigi, dan dapat membuat gigi menjadi keropos dan berlubang.

Semoga artikel mengenai cara menghilangkan bau mulut tersebut dapat bermanfaat bagi anda. 

Cara menghilangkan dan mengurangi Bau Mulut saat puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

3 comments:

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas