cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

4 Cara agar tidak gugup berbicara di depan umum

Cara agar tidak gugup berbicara – Berbicara memang mudah, siapa saja mampu melakukannya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bisa berbicara. Tetapi berbicara di depan umum terkadang terasa sangat sulit dilakukan. Banyak yang selalu merasa gugup ketika sedang berbicara di depan umum. Pertama kali berbicara di depan umum saya juga pernah merasakannya , saya merasa gugup yang sangat luar biasa, gemetaran sehingga terkadang ap yang ingin kita sampaikan menjadi tidak jelas dan sulit dimengerti. Tetapi saat ini saya sudah tidak gugup lagi jika berbicara di depan umum. Saya akan memberikan beberapa tips dan cara agar tidak gugup berbicara di depan umum. Untuk menjadi pembicara yang hebat seperti MC profesional ternyata tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, tetapi butuh proses dan latihan. Dibalik kesuksesan seorang pembicra di depan umum ternyata mereka menggunakan trik-trik jitu adar tidak gugup berbicara. Dan kali ini saya akan membagikannya kepada teman-teman para pembaca.


1. Kuasai materi
Jangan pernah berbicara di depan teman-teman kamu tentang suatu topik yang akan kamu bicarakan. Hal ini bisa membuat sebuah boomerang yang akan membuat kamu merasa minder selamanya. Tetapi tidak ada salahnya untuk belajar berbicara dihadapan teman-teman sebaya kamu, misalnya teman kampus kamu atau teman sekolah kamu, dan jadikan itu sebagai bahan pembelajaran buat diri kamu nantinya.

2. Hindari kontak mata.
Hindari kontak mata dengan para audience, karena hal tersebut dapat membuat kamu menjadi sangat gugup karena semua mata ternyata memandang ke arah kamu saat sedang presentase. jangan pula kamu memalingkan wajah kamu ke arah audience, cukup dengan memandang mereka di bagian jidat itu sudah cukup aman membuat kamu tidak gugup.

3. Olah nafas
Menjaga ketahanan nafas juga sangat penting mengingat para pembicara butuh energi untuk bernafas saat sedang berbicara di depan umum. Saat sedang gugup nafas kita menjadi cepat dan tidak beraturan, olehnya itu usahakan agar nafas tetap stabil saat berbicara di depan umum. Ada beberapa cara mengolah nafas, seperti olahraga teratur. Namun jika anda tak punya waktu untuk olahraga rutin, anda dapat berlatih nafas beberapa menit sebelum mulai tampil di depan umum. Cara ini saya buktikan sangat ampuh menghilangkan gugup saat berbicara.
Caranya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskan dengan perlahan-lahan. Lakukan hal tersebut berkali-kali maka nafas anda akan membaik dan anda bisa berbicara dengan lancar nantinya.

4. Latihan kontinue
Pembicara profesional saja butuh latihan. Jangan pernah menganggap mereka yang sudah sering tampil di muka umum tidak pernah merasa gugup. Dari pengakuan seorang teman saya seorang MC berpengalaman ternyata mereka masih juga merasa gugup ketika akan berbicara di depan umum memenuhi
undangan pelaksana. Berlatihalah beberapa hari sebelum tampil di depan umum berbicara, anda dapat berlatih didepan cermin maupun di kamar anda secara teratur dan terus menerus. Mempelajari teori tanpa praktek itu percuma.
Itulah 4 cara agar tidak gugup berbicara di depan umum. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

4 Cara agar tidak gugup berbicara di depan umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

13 comments:

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas