cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

3 Tips dan cara bekerja sambil kuliah ala mahasiswa

Tips dan Cara bekerja sambil kuliah - Masa kuliah adalah masa transisi dari perubahan kehidupan sma yang menyenangkan menuju masa mahasiswa yang penuh dengan tantangan yang jauh berbeda dari masa-masa SMA. Jika waktu sma yang dipikirkan hanyalah pacaran dan kurang belajar, maka di masa kuliah semuanya harus kamu pikirkan, mulai dari belajar, hidup mandiri, dan hidup bersosial. Berbagai permasalahan yang dialami mahasiswa, semua akan merasakan krisis ekonomi, dimana seorang mahasiswa akan merasakan tidak memiliki uang sama sekali, sedangkan berbagai kebutuhan mendesak semakin meningkat. Itulah alasan mengapa sebagian besar mahasiswa memiliki tubuh yang kurus-kurus serta rentan dengan tawuran karena kondisi yang tidak stabil mengatasi permasalahan hidup.
Sebagian besar mahasiswa yang mengalami hal tersebut adalah mahasiswa kelas menengah ke bawah. Dan jika kanker (kantong kering) terus melanda, maka jalan satu-satunya  yang harus dilakukan adalah mencari uang sambil kuliah .

Tips dan Cara bekerja sambil kuliah

Menurut saya ada beberapa jenis pekerjaan yang dapat dilakukan seorang mahasiswa tanpa mengganggu aktivitas perkuliahannya . tetapi energi kita akan terkuras habis sebab tugas dari dosen ikut memberatkan mahasiswa. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang pekerjaan yang bisa anda lakukan selama menjadi mahasiswa, saya juga pernah melakukan salah satu usaha sampingan tersebut

1. Usaha Print
Hingga saat ini para dosen dikampus masih mengandalkan kertas untuk tugas mahasiswa, walaupun sekarang zamannya sudah canggih pakai sistem online. Jika di kampus kamu segala tugas masih harus di print, maka itu adalah kesempatan emas buat kamu mencari uang. Jika kamu punya komputer atau laptop segera beli alat-alat print. Kamu bisa buka usaha print kecil-kecilan di kost kamu, saat sekrang biaya operasional print sudah cukup terjangkau. Di kota saya biaya print justru lebih murah ketimbang biaya fotocopy, selain itu usaha print bisa kamu buka saat kamu sedang di ko9st, dan kamu tutup saat sedang kuliah, atau bisa juga kamu gantian dengan teman beda jurusan kamu untuk berjaga.

2. Jual makanan
Jual makanan khusus untuk mahasiswi, kalau cowo mana ada yang mau jualan makanan. Kecuali cowo jadi-jadian hehehe. Sebagian mahasiswa malas dan tak punya kesempatan untuk memasak sendiri lauk untuk makan siangnya, jadi segera ambil kesempatan ini. Bukalah usaha jual-jualan makanan di kost kamu, cuman usaha yang ini tidak bisa dilakukan jika kamu hanya seorang diri, butuh teman untuk bekerjasama mewujudkan usaha ini.

3. Ngeblog
Ngeblog bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, selama kita dapat menjangkau sinyal internet dan memiliki laptop, saat ini hanya sebagian kecil kampus yang tidak menyediakan fasilitas wifi. Jadi daripada waktu kamu habis hanya untuk memilikirkan mau update status apa dan membaca status teman duduk kamu, sebaiknya kamu ngeblog saja. Kamu dapat mengisi blog kamu dengan materi kuliah dari dosen. Bagaimana cara mendapatkan uang melalui blog ? silahkan pelajari cara mendapatkan uang melalui blog

3 Tips dan cara bekerja sambil kuliah ala mahasiswa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

7 comments:

  1. setuju, Masa kuliah adalah masa transisi dari perubahan kehidupan sma yang menyenangkan menuju masa mahasiswa yang penuh dengan tantangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan di masa mahasiswa itulah kita bisa belajar banyak tentang kehidupan ini

      Delete
  2. Ide menarik, membuka usaha print di kost.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun usaha print untungya tidak terlalu banyak, setidaknya untungnya bisa untuk beli lauk setiap hari

      Delete
  3. Asal pandai mencari celah banyak usaha yang bisa dijadikan sebagai kerjaan sampingan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, sangat banyak sekali hal yang bisa dijadikan peluang usaha untuk mahasiswa

      Delete
  4. Yup belajar cari uang sambil kuliah itu manfaatnya banyak banget loh, kita jd lebih menghargai uang, menghargai waktu, lebih pintar mengelola keuangan, bisa meringankan beban orang tua. Contohnya seperti Radit ini, mahasiswa tingkat 2 yang berpenghasilan 8-10 juta perbulan...

    ReplyDelete

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas