cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Cari Tahu Komponen Motherboard dan Fungsinya

Komponen Motherboard - Apakah anda pernah mendengar istilah motherboard? Anda yang sudah akrab menggunakan komputer atau laptop tentu tak asing lagi dengan istilah tersebut. Walaupun sering mendengar istilah tersebut tak banyak orang yang tahu dan mengerti apa saja komponen motherboard dan apa sebenarnya fungsi motherboard tersebut. Ini saatnya anda untuk tahu apa itu motherboard dan juga fungsinya.

Komponen Motherboard

Komponen motherboard ini sendiri mempunyai banyak sebutan. Anda bisa menyebutnya dengan nama motherboard, main board, system board, MB atau mobo. Motherboard sendiri adalah perangkar keras yang ada pada sistem komputer yang bentuknya printed circuit board atau PCB. Lalu apa fungsinya? Motherboard sendiri mempunyai fungsi untuk menghubungkan semua komponen yang menyusun sebuah komputer. Orang awam sering menyebut motherboard ini sebagai tulang belakang pada sebuah sistem komputer. Semua komponen atau bagian-bagian komputer sudah pasti akan terhubung dengan mobo ini baik secara langsung atau tak langsung. Kita tentu bisa membayangkan tulang belakang kita yang akan menyangga semua komponen pada tubuh kita.

Lalu apa saja komponen motherboard itu sendiri? Bagian pertama pada motherboard adalah chipset. Ini merupakan bagian penting sebuah motherboard yang bisa digunakan untuk penghubung berbagai komponen eksternal, buses dan juga antarmuka processor. Chipset ini sebagai alat pengukur kemampuan motherboard. Bagian kedua adalah socket. Ini adalah tempat dimana motherboard diletakkan. Bagian ketiga dari motherboard asalah BIOS chip. Chip ini akan digunakan untuk menyimpan perangkat lunak serta mengontrol hardware dengan operating system di sebuah komputer. Bagian keempat adalah CMOS battery atau baterai yang akan memberi energi pada sebuah memori di mother board. CMOS battery ini akan membantu kita untuk mengkonfigurasi semua hal dan menyimpan pada komputer. Bagian kelima adalah slot memori. Bentuknya agak panjang dan juga ramping serta digunakan untuk di installnya RAM pada komputer. Biasanya komputer modern sudah dilengkapi dengan dua slot memori. Selain komponen-komponen tersebut masih banyak komponen yang ada di mobo seperti storage drive connector, expansion slots, VGA slot dan lain sebagainya.

Cara mengetahui tipe motherboard

Cari Tahu Komponen Motherboard dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas