cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Cara merawat printer HP, Epson, dan Canon agar awet dan tahan lama

Cara merawat printer – Printer adalah alat penting untuk mencetak sebuah dokumen melalui perangkat laptop atau komputer. Namun dalam perjalanannya ternya banyak kita temui orang yang enggan menggunakan printer pribadi dengan alasan mudahnya rusak dan biaya perbaikan yang sangat mahal. Saya pernah memiliki pronter dan langsung mengalami kerusakan parah setelah isi ulang tinta yang pertama kali. Biaya perbaikannya menyamai harga printer yang baru, jadinya saya membiarkan saja printer tersebut tanpa diperbaiki.

Penyebab printer cepat rusak
- Kebanyakan dokumen yang diprint dalam waktu singkat menyebabkan cepatnya mesin printer mengalami kerusakan, sebaiknya gunakan saja sesuai dengan porsi yang seharusnya.
- Banjir tinta yang masuk ke dalam printer menyebabkan mesin mengalami kerusakan.
- Masuknya kotoran pada bagian tertentu menyebabkan kemacetan dan kertas sulit untuk lewat di printer.

Cara merawat printer yang benar
1. Gunakan sesuai kapasitasnya
Walaupun printer adalah mesin mati, tetapi kita juga harus peduli terhadap kelelahan yang bisa saja terjadi, oleh karena itu sebaiknya bila anda menggunakan printer untuk mencetak dukumen dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya harus diistirahatkan pada waktu – waktu tertentu, gunakan beberapa printer bergantian untuk mempermudah printer beristirahat.
2. Mengisi tinta secukupnya
BIla menggunakan printer jenis infus maka resiko banjir akan lebih sedikit, tetapi bagi yang memiliki printer yang isi ulang sangat rawan sekali mengalami banjir. Oleh karena itu sebaiknya dalam pengisian tinta hanya menggunakan tinta yang cukup, lebih baik kurang daripada berlebih.
3. Gunakan kapas saat pengisian.
Agar Catridge tidak cepat mengalami kerusakan maka sebaiknya anda menempelkan tissu di bagian bawah catridge saat melakukan pengisian ulang untuk mencegah kebanjiran.
4. Tutup printer dari debu
Di rumah kita sangat banyak sekali kotoran yang mungkin bisa masuk ke dalam printer anda. Gunakan penutup untuk melindungi debu dan benda – benda besar masuk ke dalam printer anda. Saya mensiasati hal ini dengan tetap memasangkan box printer dengan posisi tertentu agar bagian printer tetap terlindungi.
5. Cabut kabel bila telah selesai.
Jangan selalu mencolok printer ke listrik rumah anda terutama bila printer sedang tidak digunakan karena akan merusak komponen mesin printer anda. Sebaiknya hanya dicolok ketika sedang digunakan saja.
6. Cabut komponen penting bila ditinggalkan dalam waktu lama.
Bila anda bepergian dalam waktu yang lama maka cabutlah bagian printer yang berpotensi rusak seperti catridge. Keluarkan dari dalam printer agar tidak terjadi kebanjiran.
Itulah 6 cara merawat printer yang benar. Berkat tips dan cara tersebut, printer saya dapat bertahan lebih lama dari yang seharusnya. Selamat mencoba dan baca juga Cara merawat harddisk eksternal dengan baik

Cara merawat printer HP, Epson, dan Canon agar awet dan tahan lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

2 comments:

  1. makasih gan, jadi tahu cara merawat printer :)

    ReplyDelete
  2. tipsnya sangat membantu nih jadi tahu cara merawat printer deh :D

    ReplyDelete

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas