cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

5 Cara menyimpan ikan di dalam kulkas agar tahan lama

Cara menyimpan ikan di dalam  kulkas – Kulkas merupakan medium penyimpanan ikan yang paling  jitu untuk menjaga ketahanan ikan kita. Biasanya kita malas untuk berulang kali ke pasar membeli ikan jadi menggunakan kulkas saja untuk menyimpannya. Sering kali ibu – ibu kecewa karena ikan di kulkasnya tidak dapat bertahan lebih lama dan cepat membusuk. penyebabnya dikarenakan kesalahan dalam menyimpan ikan tersebut. Nah bagaimana cara menyimpan ikan yang benar?


Cara menyimpan ikan di dalam kulkas agar tahan lama
1. Bersihkan dan keluarkan kotorannya.
Ikan yang baru di dibeli di pasar biasanya memiliki lendir dan bagian insangnya belum dikeluarkan. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas sebaiknya kotorannya di bersihkan dahulu untuk mencegah bakteri berkembangbiak di dalam lemari es.
2. Simpan pada suhu -70 derajat
Suhu kulkas saat ini hanya berkisar antara 0 sampai –15 derajat. Kulkas jenis ini kurang baik untuk menyimpan makanan dan ikan dalam waktu lama. Sedangkan kulkas atau pendingin yang memiliki suhu –70 derajat cukup ampuh untuk digunakan menyimpan makanan terutama ikan tanpa mengalami kerusakan walau bertahun – tahun.
3. Masak terlebih dahulu
Agar ikan kita dapat bertahan lebih lama di dalam kulkas sebaiknya anda memasaknya terlebih dahulu agar bakteri di dalam ikan dapat mati dan tidak dapat berkembang selama di dalam kulkas dan lemari penyimpanan nantinya.
4. tutup rapat tanpa udara
Penyebab ikan mudah busuk karena masuknya udara dari luar disertai dengan bakteri sehingga ikan mudah berkembangbiak dan menyebabkan pembusukan. Oleh karena itu sebaiknya anda menutup rapat – rapat tempat penyimpanan ikan anda.
5. Jangan dekatkan dengan bahan lain
Bahan lain seperti sayuran sebaiknya tidak didekatkan pada ikan sewaktu di dalam kulkas karena dapat menyebabkan kontaminasi dan kerusakan pada ikan.
Itulah 5 cara menyimpan ikan di dalam kulkas agar tahan lebih lama. Selamat mencoba

5 Cara menyimpan ikan di dalam kulkas agar tahan lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas