cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Cara Budidaya Belut

Cara budidaya belut – Belut merupakan salah hewan yang sekarang ini cukup diminati oleh berbagai kalangan masyarakat, terlebih lagi permintaan pasar yang terus meningkat membuat banyak orang yang sudah mulai ingin mencoba membudidaya belut. Tentu saja untuk membudidayakan belut itu sendiri, akamu bisa membuat kolam dan untuk tempat berternaknya bisa kamu sediakan didalam drum. Perlu sekali kamu perhatikan bahwa belut itu sendiri memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga jika saja medianya dalam kolam dan drum maka tentunya nanti akan membutuhkan perbedaan budidaya. Untuk media perternakan belut didalam kolam dan drum yang baik ialah lumpur kering, pupuk kompis atau jerami padi, pupuk TSP serta mikroorganisme stater. Kamu bisa meletakan jerami dengan ketebalan 50cm diatas kolam, dengan media teratas yakni lumpur kering yakni setinggi 25 cm yang mana juga sudah dicampur dengan pupuk TSP sebanyak 5kg.
Cara budidaya  belut

Cara Budidaya Belut

Pada dasarnya hewan yang satu ini juga memerlukan air, maka dengan kamu memberikan kolam ataupun drum sebagai tempat habitatnya tentu saja sudah cukup sebagai tempat hidupnya, kamu bisa memberikan air untuk kolam setinggi 15 cm. Eceng gondok bisa kamu sediakan juga sebagai tempat persembunyian untuk si belut. Usahakan ¾ kolan sudah tertutup dengan eceng gondok tersebut. Ketika ingin memasukan bibit belut, kamu tidak serta merta langsung memasukkannya, media didalam kolam harus terlebih dahulu didiamkan selama 2 minggu supaya terjadi fermentasi terlebih dahulu. Jika media tersebut sudah terfermentasikan makan akan menjadi temtap sumber pakan tambahan untuk belut itu sendiri seperti jentik nyamuk, zooplankton, cacing. Setelah itu kamu bisa langsung masukan bibit belut yang akan dibudidayakan.
Tentu saja sifat kanibalisme yang dimiliki oleh belut dalam proses pertumbuhannya tidak akan terjadi,asalkan untuk pemberian pakannya disediakan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhannya. Ketika masih anakan tentu saja belut tidak akan saling menganggu antara satu sama lainnya, sifat kanibalnya akan muncul ketika sudah berumur 10 bulan. Jadi kamu tidak perlu khawatir ketika memasukan ribuan ekor kedalam 1 kolam. Untuk pakan nya sendiri harus dipilih yang masih segar dan juga dalam keadaan hidup seperti ikan cetol, ikan impugn, bibit ikan mas, cacing, belatung ataupun bekicot yang mana merupakan pakan belut pada umumnya. Untuk pemberian pakan sendiri bisa diatur sehari sekali saja, untuk menambah nafsu makan para bibit belut itu sendiri ada baiknya jika bisa ditambahkan dengan temulawak Curcuma Xanthorhiza yang ditumbuk lalu kemudian direbus dengan 1 liter air, ketika sudah dalam keadaan dingin bisa langsung tuangkan ke dalam kolam. Jadi itulah sekilas mengenai cara budidaya belut yang bisa diberikan, yang mana tentunya bisa menjadi sumber yang bermanfaat untuk kamu yang baru saja ingin memulai bisnis budidaya belut. Selamat mencoba, semoga sukses J

Artikel Menarik Lainnya


Cara Budidaya Belut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas