cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

5 Cara merawat harddisk eksternal agar tidak cepat rusak

Cara merawat harddisk eksternal – Harddisk eksternal mulai dicari oleh pemilik laptop atau komputer, Keunggulan dari harddisk eksternal adalah memiliki kapasitas yang besar dibandingkan flashdisk dan mudah dibawa kemana mana. Namun harddisk memiliki harga yang cukup mahal, oleh karena itu sebaiknya kita menjaganya sebaik mungkin, biasanya kerusakan pada harddisk terjadi akibat kelalaian pengguna sendiri.
Nah bagaimana cara merawat harddisk? kami akan jelaskan tips yang berguna.


Cara merawat harddisk eksternal
1. Jangan langsung mencabut harddisk anda.
Ketika anda selesai menggunakan harddisk maka sebaiknya gunakan fasilitas savely remove hardware di komputer anda untuk mencegah terjadinya bad sector dan kerusakan pada piringan harddisk milik anda. Pakar IT sangat menyarankan hal ini.

2. Lakukan defrag secara berkala dan scan virus
Defragmen berguna untuk mengatur penyimpanan file di dalam harddisk anda. Oleh karena itu sebaiknya anda rutin menjalankan aplikasi bawaan windows disk defragment. Selain itu upayakan virus tidak tertinggal di dalam harddisk anda karena dapat merusakan sistem harddisk anda nantinya.

3. Jangan menggoyangkan harddisk
Saat sedang menggunakan harddisk sebaiknya anda menyimpannya pada tempat yang datar agar tidak mengalami guncangan.Saat harddisk mengalami goncangan ketika aktif maka dapat mengalami bad sector pada plate HDD, sehingga kemungkinan anda akan kerusakan data secara permanen.

4. Pasangkan fan
Ketika anda menggunakan HDD dalam waktu yang lama maka sebaiknya anda meletakkan kipas angin di dekatnya agar suhu di dalam HDD tidak melebihi ambang panas minimum.

5. Lakukan back up data secara rutin
Kita tidak pernah tahu kapan perangkat HDD akan mengalami kerusakan oleh karena itu untuk mencegah kehilangan data maka lakukan back up secara rutin.
Itualh 5 cara merawat HDD eksternal, selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga cara download IDM tanpa registrasi

5 Cara merawat harddisk eksternal agar tidak cepat rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas