cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Tips dan Cara memilih Judul Skripsi yang tepat

Tips dan cara memilih judul skripsi yang tepatSkripsi adalah karya ilmiah berupa penelitian yang mesti dilakukan oleh seorang mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar sesuai bidangnya. Seringkali skripsi menjadi sebuah gerbang besar penghalang mahasiswa untuk memperoleh sarjana. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami stres dalam menyelesaikan tugas skripsinya. Keterlambatan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi sebenarnya bukanlah terletak pada jurusan maupun ketua jurusan yang selalu menolak ketika mahasiswa mengajukan judul skripsinya. Tetapi kesalahan pada mahasiswa dalam memilih judulnya.
Bukan bermaksud sombong, saya termasuk salah satu mahasiswa yang cepat menyelesaikan skripsi, setidaknya mencapai waktu batas minimal yagn ditentukan oleh pihak kampus. Oleh karena itu saya ingin membagikan beberapa tips dan cara memilih judul skripsi yang tepat.

Tips dan cara memilih judul skripsi yang tepat



1. Pilih judul yang berguna
Pilihlah judul skripsi yang akan berguna buat masa depan. emang ada judul skripsi  yang tidak berguna?. Jawabannya , iya, sebab ada beberapa judul penelitian yang dengan melihat judulnya saja, kita sudah mengetahui hasil penelitiannya. Tetapi jika kamu tidak dapat menemukan judul skripsi yang berguna bagi orang lain, setidaknya judul skripsi kamu berguna bagi diri kamu. Sebab jika skripsi tidak memiliki manfaat, maka yakin saja skripsi kamu tidak akan pernah dibaca orang lain. Jadi buatlah skripsi kamu enak dibaca, minimal jadi bacaan buat kamu.

2. Pilih judul dengan tema yang kamu minati.
Walaupun kamu kuliah di jurusan tertentu, setidaknya pasti ada satu tema dari jurusan kamu yang kamu minati, seperti mahasiswa biologi dapat mengambil judul dengan tema hewan atau tumbuhan. Salah dalam memilih tema akan memperlambat kamu menyelesaikan skripsi kamu, sebab berhadapan dengan sesuatu yang tidak kamu sukai berarti kamu akan berusaha untuk menghindarinya.

3. Pilih judul yang kamu kuasai.
Walaupun kamu telah memilih juduk skripsi yang kamu minati, tetapi kamu tidak menguasai materinya, maka itu sama saja akan dapat memperlambat kamu nantinya. Memilih judul yang kamu kuasai dapat membantu kamu nantinya ketika menjalani ujian akhir, kamu bisa mempertahankan setiap tulisan di skripsi kamu.

4. Pilih judul yang memiliki banyak referensi.
Tips yang trakhir dan yang paling penting adalah memilih judul yang memiliki banyak narasumber. Ingat !! dalam menyusun skripsi setidaknya kita butuh minimal 25 buah buku referensi. Sebaiknya mencari dahulu beberapa literatur yang banyak yang berhubungan dengan skripsi kamu. Sebab kurang jumlah literatur bisa menghambat usaha kamu di tengah jalan nanti.
Itulah beberapa tips sederhana dalam menentukan judul skripsi. Sebaik-sebaik skripsi adalah skripsi buatan sendiri, dan sebaik-baik pembaca adalah yang memberikan komentar ketika membaca tulisan ini. Selamat mencoba.

Tips dan Cara memilih Judul Skripsi yang tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

12 comments:

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas