cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

7 Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Cara menumbuhkan percaya diri pada anak – Percaya diri adalah modal utama dalam menjalani kehidupan ini. Sebaiknya rasa percaya diri harus sudah ditanamkan pada diri setiap anak agar kelak mereka dapat menemukan jati dirinya dan dapat mempercepatkan menemukan kesuksesannya.
Orang tua sangat berperan dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. nah

 Cara menumbuhkan rasa percaya diri  pada anak

1. Berikan cinta dan kasih sayang anda dengan tulus
Didiklah anak anda dengan memberikan pujian bila mereka melakukan kebaikan. namun bila mereka melakukan kesalahan jangan memarahinya dengan begitu keras. cukup berikan penjelasan mengenai efek perbuatannya. Dengan demikian mereka akan belajar bagaimana bersikap yang benar dengan percaya diri bahwa apa yang dilakukannya itu benar.

2. Berikan perhatian.
Sesibuk apapun anda sehari – hari cobalah berikan perhatian yang lebih kepada anak anda. jangan membeda – bedakan perhatian anda  dengan saudara – saudaranya. Cara paling mudah memberikan perhatian adalah dengan menanyakan apa saja aktivitasnya di sekolah. menanyakan pelajaran yang didapatkannya selama 1 hari di sekolah.

3. Hindari bantuan secara lamngsung
Sebgai orang tua didiklah anak anda agar dapat menyelesaikan masalahnya sendirian. Jangan selalu membantunya, biarkanlah ia mengeluarkan segala kreativitasnya. Saat mengerjakan puzzel cobalah amati dan jagnan sekali – sekali membantunya sampai ia berhasil menyelesaikan puzzelnya.

4. Biarkan anak anda salah
masa kanak – kanak adalah masa untuk belajar banyak hal. Selama proses belajar tersebut anak akan mengalami banyak kesalahan. Nah tugas orang tua adalah mengajarkan dan memperbaiki kesalahan yang dilakukannya. jangan pernah marah karena mereka selalu salah. Tapi ajarkan kebenaran itu dengan tulus dan ikhlas agar mereka dapat belajar dengan baik.

5. Berikan kata – kata semangat
Saat belajar kadang – kadang anak – akan akan kehilangan semangat. Nah tuas orang tua adalah menjadi motivator bagi mereka. Berikanlah motivasi dan semangat secara rutin agar mereka dapat mencapai cita – citanya.

6. Ajarkan keadilan
Banyak kesalahan yang sering dilakukan orang tua yaitu dengan membanding – bandingkan anaknya dengan adik atau kakak – kakaknya. Nah hal ini adalah sesuatu yang berbahaya bagi masa depan seorang anak, bisa jadi anak tersebut akan nakal selama di sekolah dan lingkungannya. jadi ajarkanlah keadilan.

7. Berikan penghargaan
Berikanlah penghargaan saat anak anda telah melakukan hal – hal yang positif dan baik sehingga dapat memicu semangatnya untuk terus belajar dan berkarya.
Itulah 7 cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Selamat mencoba.

7 Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas