cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

Cara merawat komputer

Cara merawat komputer – Komputer sudah bukan barang mewah lagi, keberadaannya kini sudah mulai digantikan oleh laptop atau tablet PC. Namun faktanya bahwa komputer lebih kuat dan tahan lama dibandingkan laptop yang hanya dapat bertahan beberapa tahun saja. Hal ini membuat banyak orang berpikir untuk tetap menggunakan komputer saat bekerja di rumah, sebelumnya kami telah menulis mengenai cara mempercepat komputer . Kali ini kami akan menulis mengenai cara merawat komputer.


Cara merawat komputer

Beberapa tips untuk melakukan perawatan komputer
1. Bersihkan motherboad dan Periferal (hardware) dari debu secara berkala, untuk membersihkannya dapat menggunakan kuas halus ukuran kecil dan sedang.
Setidaknya 2 bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka cassingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan Motherboard dan Periferal lain (RAM, Video card,Modem,SoundCard,CDR/CDR.W/DVDRW,Tv tunner)dengansikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer(Monitor, CPU, Keyboard/mouse)dengan cover sehingga tidak masuk kedalam komputer. Ingat untuk berhati –hati dalam membersihkan komputer anda, jika komponen – komponennya bergeser atau goyang sedikit saja dapat membuat komputer adna tidak bisa hidup.


2. Uninstall program yang tidak berguna.

Ruang hardisk yang terlalu banyak tersisa akan memperlambat proses Read/Write. Hardisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat,sehingga hardisk akan lebih cepat rusak. Biasanya biasanya akan muncul WARNING space Hardisk anda sudah penuh. Sistem operasi windows sudah mendukung hal seperti ini bersihkan. Program – program yang jarang digunakan sebaiknya di Uninstall juga,

3. Ricyle Bin secara bersih. Sebenarnya file/forder yang anda hapus tidak langsung hilangdari hardisk karna akan di tampung dahulu di rycle bin ,namun ada beberapa jenis settingan yang bisa anda gunakan antara lain: memberikan peringatan menghapus, lalu hapus di tempat sementara atau hapus permanen untuk settingan yg di hapus ,lalu simpan di tempat penampungan ini dengan maksud agar suatu saat apabila masih di butuhkan dapat mengembalikan lagi.Rycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang hardsik yang dapat menyebabkan pembacaan hardisk menjadi lelet. Caranya jalankan windows explorer>klik rycle bin >klik file >klik empty rycle bin. Atau anda menjalankan fungsi disklean up kemudian pilih drive yg mau d bersihkan >setelah itu centangilah opsi rycle bin kalau perlu centang juga yg lain (seperti tempolary file ,temporary internet file,setelah itu klik ok)


4. Install program anti virus dan update secara berkala.

Untuk dapat mengenali virus/trojan-trojan baru sebaiknya update program anti virus secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat membuat anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan hardisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering di install ulang. Ada baiknya anda menonaktifkan system restore yaitu dengan cara klik kanan my computer>pilih system restore>lalu beri tanda centang pada cek box dengan keterangan Turn Off system restore all drive. Perlu diingat bahwa menginstall antivirus lebih baik hanya 1 buah saja, sebab kalau terdapat banyak antivirus di dalam 1 komputer dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer bukannya memperbaiki.

5. Tuttup/close program yang tidak berguna. Selain program yang di Load atau menjalankan membutuhkan memori (RAM) sehingga semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak memori yang tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.


6. Defrag hardisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file hardisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/wrrite sehingga beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur hardisk. Caranya klik menu start > program > accecoris > system tool > disk defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini. Untuk cara ini dianjurkan tidak selalu sering, mengapa? Defrag adalah proses pengaturan file pada hardisk. Untuk mengaturnya agar berada pada posisi track yang berdekatan maka dilakukan gesekan untuk memindahkan. Defrag yang terlalu sering akan menyebabkan kondisi piringan hardisk cepat rusak karena seringnya proses pengikisan hardisk.

 
7. Ventilasi yang cukup. Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga pentilasi udara dari dan ke monitor/CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen komputer atau rangkaian elektronik yang lainya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pakai kipas angin di dalam ruangan. Aka lebih baik lagi akan menggunakan AC.


8. Jangan meletakkan speaker aktif dekat dengan monitor karena medan magnet pada spreaker itu mempengaruhi mkonitor yaitu warna monitor menjadi belang belang.

Itulah 8 cara merawat komputer agat awet dan tahan lama, semoga tips tersebut dapat membantu para pembaca, selamat mencoba semoga berhasil. Baca juga tulisan kami mengenai kata – kata mutiara

Cara merawat komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah Al Anshori

10 comments:

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas