cara menggunakan idm | cara mengecilkan perut secara alami | cara menanam cabe

4 Tips dan cara Mengatasi Gugup saat pidato atau Presentase

Cara mengatasi gugup saat berpidato - Berpidato dan membuat presentase di depan umum merupakan hal yang mudah bagi kebanyaka orang, apalagi bagi mereka yang telah terbiasa melakukan presentase dan berpidato di hadapan banyak orang. Tapi bagaimana dengan orang yang baru pertama kali ingin berpidato? Tentunya akan merasa canggung dan merasa minder bukan?.

       Saya tahu hal itu karena saya juga pernah merasakan pertama kali presentase sesuatu di depan banyak orang. Yang saya alami adalah tubuh menjadi gemetaran, kata-kata menjadi tidak jelas, pikiran jadi kacau, dan kita menjadi tidak PD lagi berbicara menyampaikan presentase kita. Akhirnya presentase kita menjadi kacau dan susah dimengerti oleh orang.

       Kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman pembaca tikars tips dan cara mengatasi gugup saat pidato dan presentaase.

       Yang harus teman-teman lakukan sebelum tampil presentase adalah sebagai berikut, diperhatikan baik-baik yach, jangan ada yang lewat dibaca satu katapun, hehehe

1. Kuasai Materi
       Ini yang paling penting, kuasai seluruh materi yang akan anda presentasekan di depan umum, kalau perlu anda harus punya info lebih mengenai bahan presentase anda. Kenapa? Supaya anda tidak cepat kehabisan kata-kata saat presentase, dan anda pun jadi leluasa berkata-kata.
Ingat jangan beranikan tampil di depan umum jika anda tak menguasai materi anda

2. Jangan terburu-buru
Jangan terburu-buru berkata-kata, berusahalah untuk santai dan tetap rileks, sebab tindakan anda yang terburu-buru dapat mengacaukan presentase anda.

3. Olah nafas.
Tips ini jarang diberikan oleh pembicara senior, tips ini sangat ampuh dan telah saya coba untuk mengatasi rasa gugup saat presentase di hadapan banyak orang. Cobalah 10-15 menit sebelum presentase untuk mengolah nafas anda. Caranya anda harus sesering mungkin menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan-lahan, lakukan sesering mungkin sebelum anda presentase. Tips ini paling ampuh diantara semuanya dan telah di buktikan oleh penulis sendiri.

4. Lekukkan ujung jari kaki anda
Saat anda akan memulai presentase, Sebaiknya lekukkan ujung jari kaki anda, ini bertujuan untuk mengurangi rasa gugup saat presentasi.
   Itulah beberapa tips dan cara mengatasi gugup saat pidato yang dapat saya berikan, dan tak akan bermanfaat bila tidak di praktekkan. Selamat Mencoba baca juga Cara membuat makalah dan cara menghilangkan flek hitam

4 Tips dan cara Mengatasi Gugup saat pidato atau Presentase Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fitrah coba

7 comments:

  1. Iya makasih bang.... saya akan selalu update infonya yach...

    ReplyDelete
  2. Cool....... I Like this.....I love this..... I will copy this for my homework.....Thanks a lot.....

    ReplyDelete
  3. waw... ini membantu banget.. makasih ya..
    kunjungan baliknya saya tunggu

    ReplyDelete
  4. waduh...fhotonya bapak presiden,orang nomor satu masalah pidato...

    ReplyDelete

Silahkan Kirim Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas